Pantai di Jogja Dekat Malioboro

Malioboro adalah salah satu kawasan wisata yang sangat populer di Yogyakarta sehingga pengunjungnya berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Selain terkenal dengan tempat hiburan malamnya, Malioboro juga dikelilingi oleh pantai-pantai indah yang cocok untuk dikunjungi.

Jika berlibur ke ke sana tentu kamu juga bisa mlipir ke pantai di Jogja dekat Malioboro karena jaraknya tidak begitu jauh.

Nah, pantai apa saja yang ada di sekitaran Malioboro? Simak ulasan dari Tourismenews berikut ini.

Rekomendasi Pantai di Jogja Dekat Malioboro

1. Pantai Samas

pantai di jogja dekat malioboro

Pantai Samas adalah pantai yang terletak di daerah Srigading, Bantul dan menjadi salah satu pantai populer yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawasan Malioboro.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, pantai ini populer karena selalu digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan Upacara Sedekah Laut dan Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro.

Tak hanya dipakai sebagai tempat untuk budidaya ikan, pantai ini juga banyak menjadi tempat pembudidayaan penyu laut sehingga populasinya tetap terjaga dengan baik.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan selancar, maka pantai ini sangat cocok karena memiliki ombak yang terbilang besar dan kondisi anginnya juga lumayan kencang.

2. Pantai Glagah

pantai dekat malioboro

Pantai Glagah merupakan pantai indah yang berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila kamu berkunjung kesini, maka bisa menikmati nuansa pantai yang indah karena bibir panjangnya sangat panjang dan terdapat beberapa beton pemecah ombak yang sangat unik.

Pantai Glagah memiliki fasilitas yang terbilang sangat lengkap karena berbagai jenis permainan air telah tersedia dan pantai ini juga sangat aman buat dikunjungi.

Sajian kuliner juga bisa kamu pilih karena di pantai ini banyak penjual yang menjajakan dagangannya.

Begitu juga soal penginapan, di mana terdapat banyak tempat bermalam dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Pantai Wedi Ombo

pantai terdekat dari malioboro

Pantai Wedi Ombo adalah pantai yang tidak jauh dari kawasan Malioboro tepatnya berlokasi di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul dan pantai ini terkenal dengan keindahan pemkamungannya.

Dengan berkunjung kesini, kamu akan menemukan gugusan tebing-tebing karang yang terbentuk secara alami dan kamu akan mudah menemukan spot-spot unik untuk berfoto.

Di sini juga ada sebuah kolam alami yang dibatasi oleh tebing karang dan para pengunjung bisa bermain air kolam serta bisa berendam sambil menikmati keindahan alam eksotis.

Karena kondisi ombak di sini terbilang besar sehingga seringkali banyak wisatawan lokal maupun asing yang sengaja datang untuk berselancar dan berolahraga.

4. Pantai Kuwaru

pantai yogyakarta dekat malioboro

Nggak perlu bingung lagi buat cari pantai di Jogja dekat Malioboro karena ada Pantai Kuwaru yang terletak di Desa Poncosari, Kecamatan Srkamukan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun masih terbilang tempat wisata yang baru, namun berbagai fasilitas wisata di sini cukup lengkap sehingga layak untuk dikunjungi saat liburan.

Ada beberapa permainan seru yang bisa kamu rasakan di pantai ini seperti bermain ATV, Kereta Mini, Kolam Renang, Mandi Bola dan masih banyak fasilitas yang lainnya.

Bagi yang suka kuliner tentu sangat cocok berkunjung ke pantai ini karena bisa menemukan kedai makanan laut yang unik dan ada juga tempat-tempat yang khusus menjual oleh-oleh.

5. Pantai Sundak

pantai yang dekat dengan malioboro

Pantai Sundak adalah salah satu pantai indah yang memiliki potensi wisata sangat tinggi dan pantai ini berlokasi di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bibir pantainya memang tidak terlalu panjang, namun kondisi pasirnya sangat putih dan pantai ini memiliki keindahan alam yang eksotis serta nuansanya masih alami.

Keunggulan lainnya dari pantai ini yaitu kondisi airnya yang masih jernih, sehingga terumbu-terumbu karang masih bisa terlihat dengan jelas.

Untuk bisa berkunjung ke pantai ini dibutuhkan kurang lebih 2 jam perjalanan dari Malioboro.

6. Pantai Krakal

pantai pasir putih dekat malioboro

Pantai di Jogja dekat Malioboro berikutnya adalah Pantai Krakal yang berlokasi di Desa Ngestiharjo, Tanjungsari, Gunung Kidul.

Pantai yang memiliki tebing karang yang indah serta unik ini sering menjadi tujuan wisata warga lokal dan luar.

Untuk datang ke pantai ini tidaklah sulit karena akses jalannya sudah sangat bagus dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota karena kamu hanya memerlukan waktu 2,5 jam saja.

Dalam perjalanan, kamu pasti akan dimanjakan dengan pemkamungan alam yang sangat indah dan hamparan pasir putih akan membuat kamu tak sabar ingin segera menikmati sensasi bermain di bibir pantai.

Jika kamu senang dengan olahraga air tentu kamu bisa berselancar di pantai ini karena kondisi ombaknya terbilang deras dan kamu juga bisa menikmati keindahan bawah laut karena kondisi air lautnya masih jernih.

7. Pantai Siung

wisata pantai dekat malioboro

Jika kamu sedang mencari tempat wisata yang masih tersembunyi, maka kamu bisa datang ke Pantai Siung yang berlokasi di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

Apabila berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka kamu harus menempuh perjalanan sekitar 77 km dan lama perjalanannya sekitar 2 sampai 3 jam menggunakan kendaraan roda 2 atau 4.

Untuk bisa ke pantai ini tidaklah mudah karena rute perjalanannya terdiri dari tanjakan, jalan berkelok hingga kondisi jalan yang terus menyempit.

Setelah sampai di pantai ini, kamu akan menemukan batu karang besar yang bentuknya unik dan di sini juga ada sebuah tebing yang bisa dimanfaatkan untuk panjat tebing.

8. Pantai Parangkusumo

pantai yang dekat malioboro

Pantai Parangkusumo merupakan pantai unik yang berlokasi di Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan salah satu daya tariknya yaitu memiliki pasir pantai yang berwarna hitam.

Apabila kamu sedang liburan di Malioboro, maka kamu bisa sekalian datang ke pantai ini karena jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 30 km dan akses jalannya sudah sangat memadai.

Bagi kamu yang liburan di sini tentu akan melihat pemandangan pantai dengan ombak yang lumayan besar.

Disekitaran pantai ada sebuah petilasan yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar.

Pantai ini seringkali dijadikan tempat gelaran upacara Labuhan yang diselenggarakan oleh pihak Keraton Yogyakarta dan biasanya digelar bertepatan dengan hari kelahiran sultan yang berkuasa.

9. Pantai Parangtritis

pantai paling dekat dari malioboro

Popularitas dari Pantai Parangtritis memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai yang berlokasi di Desa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya.

Karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Yogyakarta tentu membuat banyak wisatawan yang berkunjung kesini dan akses jalannya juga sudah bagus sehingga memudahkan para wisatawan untuk datang.

Apabila kamu senang dengan pemkamungan terbit dan tenggelamnya matahari serta senang bersantai di pinggir pantai, maka wajib untuk berkunjung ke pantai ini.

Bagi kamu yang ingin berjalan-jalan di sekitaran pantai bisa menggunakan fasilitas ATV, delman, kuda dengan harga sewa yang terjangkau.

Itulah bahasan lengkap mengenai deretan Pantai di Jogja dekat Malioboro dan semoga semua pembahasan dalam artikel ini bermanfaat untuk para pembacanya.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar