Wisata Studio Alam Gamplong

Yogyakarta adalah salah satu kawasan wisata yang sangat lengkap sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing setiap harinya.

Selain bisa merasakan sensasi bermain di kawasan Malioboro, kamu juga bisa datang ke beberapa tempat wisata alam yang menyajikan pemkamungan menawan.

Nggak cuma itu, ada juga beberapa tempat wisata bersejarah yang sangat recommended buat dikunjungi dan salah satunya adalah Studio Alam Gamplong Jogja.

Sekilas Tentang Studio Alam Gamplong Jogja

gamplong studio alam sleman

Gamplong Studio Alam Jogja merupakan salah satu ikon wisata baru yang menarik perhatian setelah dijadikan tempat syuting film berjudul Bumi Manusia dan Sultan Agung yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

Tempat wisata ini terkenal dengan sebutan mini Hollywood Indonesia karena sangat mengedepankan berbagai spot unik yang berkaitan dengan karakteristik jaman dulu.

Jika kamu berkunjung ke Gamplong Jogja tentu kamu bisa berfoto dengan kostum ala nona Belkamu sehingga bisa mendapatkan foto bersejarah dengan tampilan yang lebih modern.

Kamu bisa berkunjung ke tempat ini kapan saja dan untuk memudahkan kunjungan, disarankan untuk menyewa pemandu wisata lokal yang akan mendampingi perjalanan.

Ketika memasuki kawasan wisata Gamplong Jogja, maka kamu akan langsung melihat bangunan abad 16-17 yang bentuknya sangat unik.

Untuk memanjakan para pengunjung yang hadir, tempat wisata ini juga menyediakan layanan jasa sewa untuk berfoto sehingga kamu bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia perfilman tentu sangat cocok untuk berkunjung ke sini karena sudah tersedia sarana edukasi film.

gamplong studio alam

Hal inilah yang menjadi alasan banyaknya mahasiswa yang menyewa tempat untuk belajar praktik dan mendalami seni peran dengan lebih serius.

Studio Alam Gamplong Jogja merupakan lokasi wisata yang digagas oleh pengusaha kaya raya bernama Mooryati Soedibyo untuk memajukan dunia perfilman Indonesia.

Wanita pemilik brand kecantikan Mustika Ratu ini mulai merealisasikan keinginannya setelah bertemu dengan Hanung Bramantyo sehingga lahirlah film Sultan Agung.

Karena dijadikan lokasi pembuatan film, Gamplong Jogja jadi viral di sosial media dan tak lama setelahnya, tempat tersebut dihibahkan ke pemerintah setempat.

Berbagai hal yang telah ada di tempat ini diberikan kepada pemerintah untuk dikelola dengan baik sehingga bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang lebih menarik.

Setelah dihibahkan ke pihak pemerintahan setempat, tempat wisata ini sudah bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja dan dikelola secara profesional.

Hanung menjadi sosok penting yang membantu Gamplong Jogja menjadi lebih populer sehingga kini menjadi salah satu tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi.

Lokasi dan Rute Menuju Studio Alam Gamplong

studio alam gamplong jogja
https://sumberrahayusid.slemankab.go.id/

Untuk bisa berkunjung ke tempat wisata Gamplong Jogja sangatlah gampang karena akses jalannya sudah sangat bagus dan bisa dilalui dengan berbagai jenis kendaraan.

Jika menggunakan jalur lewat pusat kota Jogja 0 kilometer, maka kamu hanya perlu ke bagian barat saja dan mengikuti ring road selatan hingga ke jalan Wates.

Setelah sudah sampai ke jalan Wates kilometer 15 atau pertigaan Klangon, langsung saja belok kanan lurus sampai menyeberang rel kereta api.

Apabila kamu sudah berhasil menyebrang rel kereta api, maka bisa langsung memilih lajur kiri dan mengikuti jalan hingga menemukan sebuah lapangan.

Lalu ambil jalan di sebelah kiri dan setelah menempuh beberapa kilometer, kamu akan langsung menemukan bangunan studio Gamplong Jogja.

Supaya lebih mempermudah perjalanan wisata, kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata lokal untuk mendapatkan berbagai informasi penting yang ada di tempat wisata tersebut.

Secara umum, Gamplong Jogja berlokasi di Sumberrahayu, Moyudan, Dukuh, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Kamu juga harus mengunjungi wisata Ledok Sambi Jogja

Tiket Masuk dan Jam Buka Gamplong Jogja

tiket masuk studio alam gamplong

Kamu nggak perlu khawatir soal biaya karena Gamplong Jogja menjadi tempat wisata yang sangat terjangkau dan terbilang murah meriah.

Saat mulai memasuki kawasan wisata ini, maka kamu akan menemukan kotak yang bisa diisi dengan nominal bebas karena tidak ada biaya masuk yang diminta.

Namun saat kamu sudah mulai masuk ke dalam kawasan wisatanya, maka ada beberapa set yang bisa dipakai untuk berfoto dan ada biaya untuk menyewanya.

  • Kereta Tua tiketnya Rp5 ribu
  • Museum Ainun tiketnya Rp5 ribu
  • Museum Bumi Manusia tiketnya Rp10 ribu
  • Galery Mripat Lawas tiketnya Rp10 ribu

Ketika kamu memasuki set Kereta Tua, maka kamu akan disuguhkan dengan replika berbagai jenis kereta api jaman dahulu.

Pada set Museum Ainun, maka kamu akan menemukan berbagai properti yang berhubungan dengan pembuatan film Ainun yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Ada juga set Museum Bumi Manusia yang di dalamnya berisikan berbagai properti syuting film dan aneka kostum unik yang dipajang.

Sedangkan saat memasuki set Galery Mripat Lawas, kamu akan menemukan berbagai properti lawas yang erat kaitannya dengan sejarah seperti box surat dan pasar jaman dulu.

Bagi pengunjung yang datang ke tempat ini dengan membawa kamera non ponsel akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu saja, agar bisa berfoto secara bebas di berbagai spot.

Jam buka atau waktu operasional Studio Alam Gamplong Jogja yaitu setiap hari yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Untuk biaya parkir akan dikenakan tarif Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Tempat Wisata Gamplong Jogja

gamplong studio alam jogja

Saat berkunjung ke tempat wisata Studio Alam Gamplong tentu akan menemukan berbagai bangunan unik yang akan membuat kamu ingin mengabadikan momen berfoto.

Ada beberapa jenis bangunan yang bisa ditemukan di sini seperti bangunan Joglo Jawa, Nuansa Betawi, Pecinan dan Benteng ala Belkamu.

Berbagai bangunan unik yang ada di Gamplong Jogja dibuat dengan sangat detail dan konsepnya dipersiapkan dengan sangat matang.

Saat berkunjung kesini, kamu tidak perlu bawa makanan dari rumah dan tidak perlu takut kelaparan karena sudah tersedia warung jajanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Setelah lelah berkeliling, kamu juga bisa beristirahat dengan tenang sambil menikmati makanan-makanan murah meriah karena di sini tersedia bale-bale unik.

Bagi kamu yang beragama muslim tidak perlu khawatir kelewat waktu sholat karena sudah tersedia musholla yang cukup memadai.

Jika menggunakan jasa pemandu wisata lokal, maka kamu akan dilayani dengan ramah sehingga bisa berwisata dengan nyaman dan aman.

Karena pandemi di Indonesia belum sepenuhnya berakhir, sebaiknya para pengunjung datang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pengunjung harus menggunakan masker dan pastikan tidak bergerombol untuk menghindari penyebaran virus corona.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat wisata Studio Alam Gamplong Jogja dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar