Wisata Pantai 3 Warna Malang

Malang disebut sebagai Kota Seribu Pantai karena memiliki banyak sekali destinasi wisata pantai, khususnya di bagian selatan.

Salah satunya adalah Pantai 3 Warna yang telah menjadi tujuan wisata terpopuler di kalangan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Selain karena memiliki tiga warna air yang berbeda, pantai ini juga terkenal karena termasuk dalam kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Karena itu, wisatawan rela datang jauh-jauh hanya demi melihat destinasi wisata unik ini.

Nah, jika pantai tersebut termasuk dalam daftar tujuan wisata kamu, simak terus ulasan dari Tourismnews.id yang akan menguraikan informasi tentang destinasi wisata ini, ya!

Sekilas Tentang Objek Wisata Pantai 3 Warna

Pantai 3 Warna jawa timur

Sesuai namanya, Pantai 3 Warna memiliki tiga warna air yang berbeda-beda berdasarkan kedalaman airnya, yaitu merah, hijau, dan biru.

Warna merah kecoklatan berasal dari pembiasan cahaya matahari dan warna pasir di bibir pantai.

Warna hijau menunjukkan area dangkal yang warnanya bisa terjadi karena adanya pengendapan lumpur dari dasar laut serta plankton dalam jumlah besar.

Kemudian warna biru menunjukkan area laut yang paling dalam.

Pantai 3 Warna juga memiliki ombak yang tenang dan menjadi satu-satunya pantai di Malang yang bisa digunakan untuk snorkeling.

Airnya yang jernih dan bersih juga memungkinkan wisatawan untuk melihat dengan jelas keindahan terumbu karang dan biota laut yang beragam.

Pantai yang baru dibuka pada pertengahan 2014 lalu ini berada di kawasan rehabilitasi dan konservasi mangrove, terumbu karang, dan hutan lindung.

Kawasannya juga termasuk dalam Kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) dan Marine Protect Area (MPA) sehingga kebersihan areanya sangat dijaga dan pengunjung yang datang pun dibatasi sebanyak 100 orang setiap harinya.

Pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu dan harus melewati pemeriksaan terkait barang bawaan untuk masuk ke dalam area pantai.

Setiap barang yang dibawa masuk ke area pantai wajib dibawa kembali ke tempat pendataan.

Apabila ada satu barang yang hilang atau terbukti membuang sampah sembarangan, maka akan dikenakan denda sebesar Rp100.000 per barangnya.

Setiap Kamis pun destinasi wisata ini ditutup untuk kerja bakti konservasi oleh pengelola.

Pada intinya, pihak pengelola Pantai 3 Warna tidak hanya ingin mencari keuntungan dan memanfaatkan keindahan wisata alam Malang, melainkan juga mengedukasi wisatawan bahwa menjaga kelestarian alam adalah hal yang wajib dilakukan.

Lokasi dan Rute

lokasi pantai 3 warna

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi ini berjarak sekitar 72 km dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Dari Kota Malang, kamu bisa menuju arah Gadang kemudian ke Turen.

Kemudian, ambil arah menuju Pantai Sendang Biru hingga bertemu persimpangan dua pantai, yaitu Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru.

Ambil arah ke Pantai Goa Cina dan lurus terus hingga 2 km sampai bertemu persimpangan ke arah Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Dari situ, kamu akan masuk ke perkampungan warna, lalu ambil arah ke Clungup Mangrove Conservation (CMC).

Dari CMC, kamu akan melihat pintu masuk Pantai Tiga Warna dan bisa memilih untuk masuk melalui sektor timur atau sektor barat.

Jika melalui sektor timur, pengunjung akan menaiki perahu untuk sampai ke kawasan wisata.

Sedangkan jika melalui sektor barat, pengunjung harus berjalan kaki melalui pos utama, lalu menyusuri hutan mangrove dan melewati beberapa pantai (Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai Mini, Pantai Savana, serta Pantai Batu Pecah).

Kunjungi juga Pantai Ngliyep

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

tiket masuk Pantai 3 Warna

Harga tiket masuk Pantai Tiga Warna adalah Rp10.000 per orang.

Pengunjung juga perlu menyewa pemandu yang akan mendampingi selama berada di kawasan wisata dengan biaya sebesar Rp150.000 per pemandu untuk 5 orang pengunjung.

Biaya ini juga belum termasuk biaya sewa peralatan wisata, lahan, dan parkir kendaraan dengan rincian sebagai berikut.

  • Sewa Peralatan Snorkeling : Rp25.000
  • Sewa Kano : Rp25.000
  • Sewa Perahu : Rp100.000 (Maksimal 5 Orang)
  • Sewa Lahan dan Tenda : Rp150.000
  • Parkir Motor : Rp2.000
  • Parkir Mobil : Rp5.000
  • Parkir Bus : Rp10.000

Kemudian, untuk jam buka pantai ini adalah mulai pukul 06.00 sampai 18.00 dan tutup di setiap hari Kamis.

Jumlah pengunjung dibatasi sebanyak 100 orang per harinya dan waktu kunjungan untuk setiap pengunjungnya hanya selama dua jam.  

Fasilitas

Pantai 3 Warna menghadirkan gradasi warna alam yang begitu cantik. Areanya dikelilingi oleh pepohonan hijau, hamparan pasir putih, dan air laut tiga warna.

Hanya dengan duduk santai memandang alam sekitar, kamu akan mampu merilekskan diri dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Namun, bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain, seperti berenang dan snorkeling, berkemah, trekking, melihat ubur-ubur, dan berburu foto.

1. Berenang dan Snorkeling

wahana Pantai 3 Warna

Pantai Tiga Warna memiliki ombak yang tenang dan bersahabat sehingga pengunjung bisa berenang, snorkeling, bahkan diving.

Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling ini dengan harga Rp25.000/orang.

Pengunjung akan disuguhkan pemkamungan bawah laut yang begitu menawan serta terumbu karang dan biota laut yang beragam.

Pengunjung pun dapat melihat dengan jelas tiga warna air laut pantai ini tanpa bantuan alat.

Kemudian, untuk kegiatan diving atau menyelam hanya diperbolehkan bagi pengunjung yang pernah melakukan kegiatan tersebut sebelumnya.

Adapun bagi pengunjung yang melakukan snorkeling maupun diving tidak diperbolehkan menggunakan kaki katak agar tidak merusak terumbu karang.

2. Berkemah

Pantai 3 Warna malang

Pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda dan bermalam di sekitar Pantai Tiga Warna, tepatnya di Pantai Gatra.

Pengunjung bisa menyewa lahan dan peralatan tenda dengan harga sekitar Rp150.000 dengan kapasitas tenda mencapai 4-5 orang.

3. Trekking

Aktivitas wisata ini merupakan salah satu yang paling menarik dan cocok bagi pengunjung dengan jiwa eksplor yang tinggi.

Di mana pengunjung dapat menjelajahi Pantai 3 Warna dan kawasan hutan mangrove.

Pengunjung pun tidak perlu khawatir akan tersesat karena akan ditemani oleh pemandu wisata yang sudah disewa di awal ketika akan memasuki area wisata.

4. Melihat Ubur-Ubur

Di Pantai 3 Warna, pengunjung juga dapat melihat ubur-ubur dengan jelas, bahkan mengabadikannya dengan kamera anti-air.

Meski ia memancarkan warna yang cantik, kamu tetap perlu berhati-hati karena mereka bisa menyengat.

5. Berburu Foto

Sejatinya, semua sudut di Pantai 3 Warna menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto, mulai dari pepohonan disekitarnya, hamparan pasirnya, sampai warna air lautnya.

Namun, di sekitar Pantai 3 Warna juga terdapat sebuah bukit dengan pemkamungan yang begitu apik dan dilengkapi dengan gardu pkamung yang dapat digunakan untuk berfoto.

Pengunjung bisa menuju bukit ini dengan menapaki jalur yang sudah disediakan.

Ketika sampai di atas, pengunjung dapat melihat dengan jelas bahwa Pantai Tiga Warna menghadirkan gradasi warna alam yang begitu menawan.

Selain itu, pengunjung pun akan melihat beberapa pantai yang ada di sekitarnya, terutama gagahnya Pulau Sempu yang seakan melengkapi panorama alam yang tersaji.

Demikianlah informasi mengenai Pantai 3 Warna yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan nanti.

Dengan berwisata ke pantai ini, kamu tidak hanya akan diajak menikmati alam Malang bagian selatan, melainkan juga diajarkan pentingnya menjaga dan melestarikan alam. 

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar