Rekomendasi Air Terjun di Jogja

Selain pantai, air terjun menjadi tempat wisata yang banyak dicari dan Jogja merupakan salah satu wilayah yang banyak memiliki air terjun tersembunyi.

Dengan berkunjung ke air terjun, maka para wisatawan bisa merasakan sensasi bersantai di alam asri dan bisa berfoto di spot-spot yang terbentuk secara alami.

Berendam di sekitar air terjun juga sangat menyenangkan dan menyehatkan karena kondisi airnya biasanya masih terjaga dengan baik sehingga jauh dari pencemaran.

Buat kamu yang ingin datang ke tempat wisata alam eksotis, maka ada beberapa air terjun di Jogja yang Tourismnews rekomendasikan.

Deretan Air Terjun di Jogja

1. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun di jogja

Air terjun Sri Gethuk berlokasi di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Air terjun di Jogja ini memiliki berbagai fasilitas penunjang wisata yang sudah sangat lengkap.

Di sini, kamu bisa berenang sambil merasakan kesejukan air yang turun dari atas. Tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang, karena pihak pengelola menyediakan sewa pelampung dengan harga yang terjangkau.

Untuk harga tiket masuk dan sewa peralatan, bisa dilihat pada tabel berikut.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 10.000
Sewa pelampungRp. 20.000
Flying FoxRp. 35.000
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Tinggi: 25 m
  • Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Lokasi: Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
  • Jenis objek wisata: Air terjun dan Sungai
  • Pembukaan: 2007
  • Pengelola: Pemerintah Desa Bleberan

2. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Tlogo Muncar berlokasi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan yang merupakan salah satu bukit di gunung berapi.

Ketinggian air terjun ini mencapai 30-45 meter dengan debit air yang sangat minim karena tergantung pasokan air dari gunung berapi yang tentunya memiliki karakteristik gersang serta jarang adanya vegetasi tumbuhan.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 8.000
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 10.000
  • Jam Buka: Selasa – Minggu, 09.00 – 15.00 WIB
  • Tinggi: 45 m
  • Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jenis objek wisata: Air terjun

3. Air Terjun Pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan peraduan antara air terjun dengan air laut yang masih sangat terjaga keasriannya.

Air terjun di Jogja ini berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aliran air terjun ini sangatlah unik karena akan jatuh langsung dari atas tebing ke bibir pantai.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 3.000
Jam Buka24 Jam
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 5.000

4. Air Terjun Luweng Sampang

wisata air terjun di jogja

Luweng Sampang adalah air terjun unik yang berlokasi di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan di lokasi ini banyak sekali spot foto yang sangat unik.

Bagian tebing air terjun ini terdiri dari batuan unik yang terbentuk secara alami karena adanya erosi air sungai dan kondisi ini membuat lapisan batuan menjadi bergaris-garis.

Tiket/WahanaHarga
HTMGratis
Jam Buka24 Jam
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

5. Air Terjun Pulosari

Air Terjun Pulosari

Pulosari merupakan air terjun yang terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tempat ini sering kali disebut curug karena air terjunnya sangat minim.

Aliran air di tempat ini sangat jernih karena berasal dari sungai yang masih alami dan lokasinya berada di kawasan perbukitan yang memiliki pemkamungan alam yang sangat memukau.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 2.000
Jam BukaJam 08.00 – 17.00
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

6. Air Terjun Randusari

Air Terjun Randusari

Randusari menjadi air terjun di Jogja berikutnya yang berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 sampai 15 meter dan kedalaman sekitar 1 sampai 3 meter.

Kondisi air di tempat ini terbilang jernih sehingga sangat cocok untuk berendam, namun bagi kamu yang tidak bisa berenang sebaiknya berhati-hati karena batuan di bawahnya licin.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 2.000
Jam BukaJam 06.00 – 17.30
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

7. Air Terjun Kedung Pengilon

air terjun di jogja gunungkidul

Kedung Pengilon adalah air terjun yang berlokasi di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tempat wisata ini terkenal memiliki aliran air yang sangat jernih.

Di sini kamu bisa mengambil spot-spot foto yang instagenic dengan background air yang berwarna biru jernih.

Tiket/WahanaHarga
HTMGratis
Jam Buka24 Jam
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

8. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air Terjun Perawan Sidoharjo

Perawan Sidoharjo merupakan air terjun eksotis dan alami yang berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat wisata alam ini berada di Pegunungan Menoreh yang terkenal dengan pemkamungan alamnya yang hijau dan kamu akan menemukan berbagai tanaman unik yang tumbuh liar di sekitar air terjun.

Tiket/WahanaHarga
HTMRp. 3.000
Jam Buka
Parkir MotorRp. 2.000
Parkir MobilRp. 5.000

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah salah satu air terjun di Jogja yang berlokasi di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Salah satu kelebihan dari air terjun ini yaitu memiliki debit air yang terbilang deras dan kondisi airnya masih sangat jernih karena belum tercemar oleh berbagai polusi.

10. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan pemkamungan alamnya yang indah menjadi daya tarik utama tempat ini.

Banyaknya anak muda yang berkunjung serta mengupload fotonya di sosial media membuat air terjun ini sempat viral dan ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

11. Air Terjun Setawing

air terjun terdekat di jogja

Setawing menjadi air terjun indah yang berlokasi di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tempat ini juga populer dengan sebutan Curug Setawing.

Air terjunnya terbilang tinggi yaitu sekitar 45 meter dan kondisi airnya sangatlah jernih sehingga berendam di tempat ini sangatlah nyaman untuk dilakukan.

12. Air Terjun Kedung Kkamung

Kedung Kayang menjadi air terjun yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tempat wisata ini dilengkapi dengan pemkamungan alam yang sangat indah.

Keunikkan dari tempat yaitu berada di area persawahan bertingkat atau sengkedan dan air terjun ini terbentuk dari susunan batuan vulkanik yang terbentuk secara alami.

13. Air Terjun Kedung Bendo

Air Terjun Kedung Bendo

Kedung Bendo berlokasi di Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk bermain di tempat ini sangatlah aman karena kondisi airnya tenang.

Untuk bisa bermain air disini, kamu harus memiliki keahlian berenang karena kedalamannya sekitar 3 meter dan anak-anak tidak direkomendasikan untuk berenang di tempat ini.

14. Air Terjun Seribu Batu

Air Terjun Seribu Batu

Seribu Batu menjadi air terjun yang berlokasi di Dusun Cengkehan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun untuk sampai ke lokasi air terjun kamu harus berjalan kaki, namun tempat penitipan kendaraan aman dan saat tiba di air terjun, kamu akan dimanjakan dengan pemkamungan alam yang sangat keren.

15. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo

Tuwondo adalah air terjun dengan pemkamungan menakjubkan yang berlokasi di Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketika kamu datang ke tempat ini, maka kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya serta kamu bisa memilih berbagai spot alam terbaik untuk berfoto.

16. Air Terjun Banyunibo

Banyunibo merupakan air terjun yang berlokasi di Dusun Ngluwur, Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

Meskipun letaknya di Jawa Tengah, namun air terjun ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta dan akses jalan menuju air terjun sangatlah bagus.

Demikian ulasan lengkap mengenai deretan air terjun di Jogja dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar