Wisata Puncak Becici Jogja

Jogja adalah salah satu kawasan wisata di Indonesia yang sangat lengkap karena memiliki banyak tempat wisata unik dan menarik.

Selain Malioboro, masih banyak tempat wisata hits yang recomended buat dikunjungi dan salah satunya adalah Puncak Becici Jogja.

Apabila kamu berkunjung ke tempat wisata ini, maka bisa merasakan sensasi liburan yang menyenangkan dengan nuansa alam yang bikin nyaman.

Sekilas Tentang Puncak Becici Jogja

puncak becici

Puncak Becici Jogja merupakan tempat wisata alam yang terdiri dari hutan pinus seluas 4,4 hektar dengan nuansa alam yang alami dan hijau.

Udara disekitar tempat wisata ini masih sangat segar dan hawanya sejuk karena tidak tercemar oleh polusi udara serta keasriannya terus dijaga.

Berdasarkan catatan sejarahnya, nama Becici berasal dari gabungan kata “ambeg” yang artinya berdiam diri dan kata suci.

Dua kata tersebut dikaitkan dengan cerita turun temurun yang dipercaya oleh masyarakat sekitar dan masih dianggap sakral sampai sekarang.

Perlu kamu ketahui, kalau cerita tersebut diambil dari putra pendiri Desa Muntuk yang bertapa di atas bukit barat hutan pinus selama beberapa bulan.

Atas dedikasinya yang sangat tinggi terhadap Desa Muntuk, tokoh tersebut dimakamkan di atas bukit dan dianggap sebagai makam yang keramat.

Saat datang ke Puncak Becici Jogja, maka kamu akan menemukan gardu pkamung yang memudahkan untuk melihat dan menikmati keindahan alam yang tersedia.

Banyak yang beranggapan, kalau keindahan alam tempat wisata ini tidak kalah indah dari Kali Biru dan berbagai tempat wisata alam lainnya di Jogjakarta.

Kamu bisa melihat secara langsung deretan pohon hijau yang tumbuh merata dan deretan pohon hijau tersebut semakin indah dengan latar belakang Gunung Merbabu serta Gunung Merapi.

Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini sangatlah banyak dan salah satunya adalah memburu atau menikmati sunset di sore hari.

kamu bisa menginap di atas bukit karena disediakan camping ground dengan ukuran yang lumayan luas dan berbagai fasilitas penunjangnya juga sudah sangat memadai.

Di sini juga tersedia ayunan dengan bentuk yang unik sehingga sambil bermain, kamu bisa menikmati keindahan alam dan merasakan udara yang bersih.

Kamu juga bisa menyewa hammock dengan harga yang terjangkau dan hammock tersebut bisa dipakai untuk melakukan terapi dengan cara tiduran sembari menikmati keindahan alam.

Untuk mengabadikan momen bersama pasangan dan keluarga, kamu bisa berfoto dengan latar belakang pohon pinus yang hijau serta alami.

Bagi kamu yang suka dengan kegiatan berfoto tentu berkunjung ke Puncak Becici Jogja sangatlah perlu dicoba karena banyak spot menarik yang tersedia.

Saat sore hari, kamu bisa berfoto dengan background jingga dari pancaran sinar matahari yang akan tenggelam yang dilengkapi dengan pemkamungan alam yang eksotis.

Saking indahnya tempat ini, banyak orang yang mengabadikan momen pre wedding di sini dan biaya sewa lokasinya sangat terjangkau untuk berbagai kalangan.

Sampai sekarang, tempat wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat sehingga berbagai fasilitasnya masih terbilang sederhana.

Meskipun belum dikelola secara profesional, namun tempat wisata ini telah dilengkapi dengan tempat parkir yang luas dan ada beberapa tempat istirahat yang diperuntukkan buat para pengunjung.

Kunjungi Juga Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi dan Rute ke Puncak Becici Jogja

lokasi puncak becici

Tempat wisata Puncak Becici Jogja berlokasi di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Untuk berkunjung ke tempat wisata ini sangatlah mudah karena masih masuk dalam Resort Pengelolaan Hutan Mangunan untuk wilayah kerja Dishutbun Provinsi Yogyakarta.

Kamu tidak perlu khawatir soal akses jalan menuju tempat wisata karena jalanannya sudah sangat bagus sehingga bisa dijangkau oleh kendaraan motor ataupun mobil.

Setelah sampai di tempat parkir, maka pengunjung harus berjalan kaki dulu menelusuri jalanan setapak dan melewati hutan pinus yang masih sangat asri.

Rute perjalanan untuk bisa mencapai puncak becici sangatlah mudah untuk dijangkau karena bisa menggunakan beberapa jalur atau akses.

Jika kamu berangkat dari pusat kota Jogjakarta, maka kamu bisa menuju ke arah timur menuju jalan Pangurakan dan bisa langsung ke arah selatan untuk melewati jalan Brigjend Katamso.

Setelah itu langsung lurus sampai ke perempatan dan ambil ke arah timur yang menuju ke jalan Kolonel Sugiyono dan di pertigaan, kamu tinggal ke arah selatan untuk melewati jalan Sisingamangaraja.

Kemudian ambil jalan lurus ke jalan Imogiri Barat dan setelah sampai di pertigaan, kamu bisa langsung ke arah timur untuk masuk ke jalan Dewa Ruci hingga melewati jalan Kaloran.

Usai sampai ke pertigaan, ambil arah selatan untuk menuju ke jalan Imogiri Timur dan langsung lurus ke perempatan yang menuju ke jalan Jejeran hingga Pleret.

Apabila sudah sampai ke pertigaan lagi, jalan menuju ke arah selatan melewati jalan Pleret dan di pertigaan, kamu bisa ke arah timur untuk menuju ke jalan Segoroyoso.

Langsung aja lurus ke jalan Pleret hingga Pathuk dan setelah sampai ke perempatan, kamu bisa mengambil arah selatan untuk menuju jalan Dlingo serta Patuk.

Setelah itu, kamu tinggal ikuti terus jalanan tersebut karena akan sampai ke puncak becici dan total jarak tempuh ke puncak becici dari kota Jogjakarta sekitar 22,7 kilometer.

Tiket Masuk dan Jam Buka Puncak Becici Jogja

tiket masuk puncak becici

Untuk masuk ke dalam kawasan hutan Becici, maka kamu harus mengeluarkan uang tiket masuk sekitar Rp2.000 per orang.

Sedangkan untuk masuk ke panggung sekolah hutan, maka tiket masuk yang harus dikeluarkan sekitar Rp2.500 per orang.

Apabila ingin melakukan jelajah alam di sini, kamu harus mengeluarkan uang tiket masuk Rp10.000 per orang.

Jika ingin masuk ke studio alam becici, kamu perlu mengeluarkan biaya tiket sekitar Rp2.000 per orang.

Untuk bersantai sambil menyewa hanmmock, maka kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000 per orang.

Pengunjung yang ingin menikmati Camping Ground, bisa mengeluarkan biaya tiket masuk sekitar Rp15.000 per malam.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal parkir kendaraan karena sangat terjangkau dan tempat parkirnya sangatlah luas.

Untuk parkir motor yaitu Rp2.000, untuk parkir mobil yaitu Rp5.000 dan untuk parkir kendaraan bekas seperti bus yaitu Rp20.000.

Kapan saja kamu bisa berkunjung ke sini karena tempatnya dibuka setiap hari dan selalu dibuka selama 24 jam.

Detail harga tiket dan wahana

AkomodasiHarga
Kawasan Hutan BeciciRp. 2.000/orang
Panggung Sekolah HutanRp. 2.500/orang
Jelajah AlamRp. 10.000/orang
Studio Alam BeciciRp. 2.000/orang
HammockRp. 10.000/orang
Camping groundRp. 15.000/malam
Parkir
MotorRp. 2.000
MobilRp. 5.000
BusRp. 20.000

Fasilitas Puncak Becici Jogja

puncak pinus becici

Saat berkunjung ke Puncak Becici Jogja, maka kamu jangan melewatkan momen menikmati sunset dan sunrise karena akan menghadirkan pemkamungan alam yang eksotis.

Sambil melihat hamparan pepohonan pinus yang menjulang tinggi, kamu juga akan disuguhkan dengan pemkamungan Candi Prambanan dari atas ketinggian.

Selain bisa menikmati sunrise yang sangat indah, kamu juga bisa menikmati keindahan kota Bantul dari atas ketinggian karena sudah disediakan Gardu Pkamung Becici.

Untuk bersantai di atas ketinggian, gunakan hammock sambil minum kopi panas dan mendengarkan lagu-lagu senja.

Angin yang berhembus di tempat ini sangat kencang dan kondisi udaranya bersih karena tidak terkena polusi udara kendaraan atau asap-asap pabrik.

Untuk menyempurnakan liburan kamu, maka bisa menginap di sini karena sudah disediakan Camping Ground dan berbagai fasilitas penunjang untuk menginap.

Sekian pembahasan lengkap mengenai Puncak Becici Jogja dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar