Wisata Eling Bening Semarang

Musim liburan tiba. Mau kemana ya? Untuk kalian yang ingin liburan di dalam negeri tapi masih bingung mau kemana, kota Semarang bisa masuk ke dalam daftar destinasi liburan kalian.

Kota yang terkenal dengan lumpianya ini memiliki beragam objek wisata yang menarik, salah satunya adalah Eling Bening.

Eling Bening menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Semarang bagi turis mancanegara dan dalam negeri yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

Letaknya berhadapan dengan Telaga Rawa Pening dengan hamparan sawah dan deretan pegunungan yang mengelilinginya, menjadikan tempat ini menjadi spot foto yang menarik. Lalu apa saja yang bisa kamu temukan di Eling Bening?

Berikut informasi lengkap yang sudah tim Tourismnews kumpulkan.

Sekilas Tentang Wisata Eling Bening Semarang

foto eling bening semarang

Tempat wisata yang terletak di dataran tinggi perbukitan Ngrawan ini berada di kawasan Bawen, Kabupaten Semarang.

Eling Bening berjarak tidak jauh dari beberapa objek wisata lain. Jangan lupa memasukkan tempat-tempat ini ke dalam itinerary liburanmu!

Dibuka sejak tahun 2015, Eling Bening awalnya adalah sebuah restoran yang menyuguhkan menu makanan khas Semarang dan Jawa Tengah.

Namun, keindahan alam di sekelilingnya dan keunikan desain arsitekturnya menjadi daya tarik tambahan tempat ini sehingga orang tidak hanya makan tapi juga bersantai dan berfoto-foto di sini.

Lambat laun, nama Eling Bening pun semakin terkenal di kalangan turis lokal dan mancanegara.

Letaknya yang berada di kaki bukit menyuguhkan pemandangan indah menghadap jernihnya Rawa Pening dari ketinggian.

Kamu juga bisa membawa pasanganmu dan menyaksikan detik-detik sebelum matahari tenggelam di balik barisan gunung. Romantis, bukan?

Kawasan ini sangat asri dan bebas polusi. Cocok bagi kamu, orang kota yang ingin menghirup udara segar setelah penatnya aktivitas di kota.

Lokasi Eling Bening

lokasi Eling Bening Semarang

Eling Bening berada di dataran tinggi perbukitan Ngrawan. Dari sini, kamu bisa melihat barisan Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo dengan jelas.

Spot ideal untuk bersantai sambil menikmati detik-detik terakhir sebelum matahari terbenam.

Alamatnya berada di Jalan Sarjono, Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Eling Bening dekat dengan beberapa spot wisata lainnya seperti Wisata Apung Ambarawa dan Ngrawan Hill.

Kamu bisa mengunjungi ketiga tempat ini sekaligus dalam sehari untuk pengalaman liburan yang memuaskan.

Jarak dari Kota Semarang menuju Eling Bening adalah 38 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Sedangkan jika berangkat dari Ungaran, maka jarak tempuhnya sekitar 20 kilometer dan akan tiba di Eling Bening dalam waktu sekitar 30 menit.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

eling bening semarang tiket masuk

Hal yang juga perlu diketahui sebelum berkunjung ke Eling Bening adalah tiket masuk dan jam operasionalnya.

Untuk menikmati restoran, wahana, dan fasilitas di Eling Bening, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp25,000 pada hari Senin-Jumat.

Sedangkan harga tiket masuk selama weekend dan libur nasional tidak jauh berbeda dengan hari kerja, yaitu sebesar Rp30,000 saja. Tarif ini berlaku untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Eling Bening bisa dikunjungi setiap hari. Restorannya buka mulai pukul 07:00 sampai 18:30.

Sedangkan wahananya beroperasi mulai pukul 07:00 sampai 16:00. Semenjak pandemi melanda, ada beberapa peraturan yang wajib diikuti oleh pengunjung.

Di antaranya, pengunjung harus sudah menerima vaksin COVID-19 dan tetap menaati protokol kesehatan 5M.

Fasilitas dan Aktivitas

menu eling bening semarang

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan bersama keluarga, teman, dan bahkan rekan kerja di sini. Simak daftar fasilitasnya berikut ini:

View Pemandangan Alam yang Indah

Sudah bukan rahasia bahwa daya tarik utama dari Eling Bening adalah sajian panorama dan pegunungan sekitar yang terlihat dari ketinggian.

Lanskap ini lebih jelas terlihat dari beberapa spot, seperti seperti dari ayunan dan anjungan berbentuk kepala naga yang berada di ketinggian 15 meter.

Kedua spot tersebut adalah spot favorit wisatawan untuk berfoto, entah untuk selfie atau untuk memotret pemandangan Rawa Pening.

Tidak jarang orang mengantre untuk mendapatkan giliran berfoto. Karena anjungan naga bisa memuat banyak orang, orang sering melakukan foto grup di sana.

Beberapa pasangan melakukan sesi foto prewedding dengan latar pegunungan yang gagah. Indah sekali, bukan?

Restoran dengan Cita Rasa Lokal

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Eling Bening awalnya adalah sebuah restoran dengan sajian makanan tradisional khas Semarang dan Jawa Tengah.

Beberapa menu favoritnya antara lain rawon, bihun, nasi goreng, ikan bakar, bakso, dan masih banyak lagi. Harga makanan dan minumannya terjangkau, antara Rp20,000 sampai Rp40,000.

Kolam Renang Outdoor

Setelah berjalan-jalan dan puas ber-selfie ria, segar sekali rasanya melepas lelah dengan berenang.

Hanya dengan mengeluarkan uang senilai Rp20,000, kamu sudah bisa berenang di kolam renang outdoor.

Sambil berenang, kamu bisa menikmati pemandangan indah di sekitar Eling Bening. Ingatlah untuk membawa baju ganti dan perlengkapan mandi.

Outbound dan aktivitas fisik lainnya

Untuk keluarga yang ingin mendorong anaknya untuk lebih menyukai tantangan dan ingin lebih aktif selama liburan, bisa mencoba fasilitas outbound yang sangat cocok untuk anak remaja.

Kegiatan outbound bisa membuat badan lebih aktif dan melatih koordinasi otak dan saraf motorik anak.

Rintangan outbound yang bisa dimainkan mulai dari berjalan menyusuri tali hingga flying fox.

Selain outbound, kamu bisa melakukan kegiatan fisik lainnya seperti bermain trampoline, berkuda, memanah di archery area, dan hill tracking.

Meskipun terdengar berbahaya, tetapi anak-anak dijamin aman bermain trampoline karena adanya jaring pengaman.

Berkemah

Udara di kawasan ini terasa sejuk dan menyegarkan karena dikelilingi perkebunan karet dan kopi.

Tempat berkemah yang ideal untuk kamu dan keluarga! Sebelum mendirikan tenda, booking tempat dahulu melalui pengelola. Saat berkemah, patuhi peraturan yang ada ya!

Playground

Jangan khawatir jika kamu berencana untuk membawa anak kecil karena tempat ini menyediakan playground yang menyediakan berbagai permainan agar anak-anak tidak bosan dan nyaman.

Tersedia juga kolam dangkal setinggi 10-15 centimeter yang pastinya aman untuk si kecil.

Orang dewasa juga diperbolehkan untuk duduk-duduk di area playground sambil mengawasi anak-anak bermain.

Selain digunakan untuk bermain, area ini juga bisa dimanfaatkan untuk gathering komunitas hobi dan gathering kantor.

Fasilitas Lainnya

Eling Bening juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lain seperti taman bunga, ruang pertemuan, mini market, toilet yang bersih, tempat ibadah, dan lahan parkir yang cukup luas.

Banyaknya ragam hal yang bisa dilakukan mulai dari menikmati pemandangan alam hingga outbound dan flying fox yang memacu andrenalin membuat Eling Bening menjadi tempat wisata favorit semua kalangan.

Tidak heran jumlah pengunjung membludak pada weekend. Bagaimana, sudah penasaran untuk mengunjungi Eling Bening? Yuk, masukkan Eling Bening ke wishlist tempat liburanmu!

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar