Wisata Pantai Amed Bali

Rasanya belum ke Bali jika belum pergi ke pantai. Ya, anggapan ini menjadikan pantai sebagai destinasi wajib saat liburan ke pulau Dewata.

Nah, di antara beberapa pantai terkenal di Bali ada salah satu pantai yang tempatnya sedikit tersembunyi. pantai Amed Bali. Pantai tersebut terletak di daerah Karangasem dengan pesona yang eksotis. 

Sebagian besar orang berkata jika kawasan wisata ini adalah surga tersembunyi yang jarang sekali diekspos.

Meski di kalangan wisatawan mancanegara, pantai Amed sebenarnya sudah cukup populer.

Tertarik untuk mengunjunginya? Berikut merupakan beberapa informasi seputar Pantai Amed Bali. 

Sekilas Tentang Pantai Amed Bali

deskripsi Pantai Amed

Jika dilihat dari bibir pantainya, kawasan wisata yang satu ini memang tidak terlalu menarik.

Pasalnya Pantai Amed di Bali memiliki pasir yang berwarna hitam kecoklatan, berbeda dengan berbagai pantai di Bali dengan pasir putih yang indah.

Namun warna hitam ini justru menjadi salah satu daya tarik dan ciri khas yang dimiliki oleh tempat ini. 

Sebagai gantinya, kamu bisa duduk santai sembari menikmati indahnya deburan ombak pantai yang tampak begitu menenangkan.

Suasana alami yang masih sangat terjaga dengan angin pantai yang sepoy-sepoy tampaknya mampu membayar lelah kamu selama perjalanan ke pantai Amed.

Di sisi lain pantai, kamu akan menemukan bagaimana eksotisnya kerangka kapal patroli Jepang yang tenggelam saat perang dunia ke-2.

Kerangka ini juga mampu menjadi salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan para pengunjung juga rela mengantre untuk bisa mendapatkan foto kerangka kapal bersejarah Jepang ini.

Pantai Amed Bali foto

Perlu diketahui kawasan pantai ini terkenal sebagai penghasil garam. Jadi para wisatawan bisa melihat bagaimana para petani garam mengolah dan mengubah air laut menjadi garam tradisional.

Selain bisa belajar mengenai bagaimana cara membuat garam kamu juga akan dapat berinteraksi dengan petani garam setempat.

Selain itu, diving dan snorkeling juga merupakan dua aktivitas yang tidak bisa dipisahkan dari pantai ini.

Pasalnya keindahan bawah laut Pantai Amed hanya bisa dinikmati dengan melakukan diving atau snorkeling.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Amed Bali

lokasi pantai amed bali

Lokasi pantai berpasir hitam ini terletak di Desa Amed, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh para wisatawan untuk bisa berkunjung ke tempat ini.

Mulai dari menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan jasa transportasi umum. 

Sangat disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan transportasi umum. Selain terhindar dari kemacetan, menggunakan jasa transportasi umum juga akan sedikit berhemat.

Pasalnya jasa transportasi umum di kawasan Bali terkenal sangat murah dan ramah wisatawan. 

Dari arah Denpasar kamu bisa menggunakan bus terminal Denpasar menuju ke terminal Butulunan.

Setelah itu kamu harus berpindah kendaraan menuju ke Amlapura. Selanjutnya, kamu harus pindah menggunakan angkot menuju ke kawasan Amed. Total waktu yang harus ditempuh kurang lebih 45 menit. 

Sedangkan bagi kamu yang ingin menggunakan kendaraan pribadi jarak tempuh pantai ini dari Denpasar kota kurang lebih 78 km dengan waktu tempuh 2 jam.

Untuk rute menuju lokasi wisata ini kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone.

Sebab kawasan wisata di Bali ini memiliki akses jalan yang berbelok-belok dan sedikit sulit diakses.

Meski begitu, sesampainya di kawasan pantai, kamu akan langsung dimanjakan dengan fasilitas yang tersedia, salah satunya yaitu area parkir luas untuk kendaraan pribadi.

Kunjungi Juga: Pantai Pandawa Bali

Harga Tiket Masuk

Pantai Amed Bali tiket masuk

Bicara soal harga tiket masuk kawasan wisata ini terbilang cukup murah, hanya Rp 5.000 saja.

Jika ingin diving dan snorkeling kamu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa peralatan. 

Sementara untuk wisatawan yang hanya ingin sekedar duduk di tepi pantai kamu, selain biaya masuk kamu perlu membayar retribusi Rp. 10.000 untuk kendaraan roda 4 dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda 2.

Daya Tarik Pantai Amed Bali

fasilitas Pantai Amed Bali

Daya tarik utama Pantai Amed Bali terletak pada pemandangan bawah laut alami dengan terumbu karang yang masih terjaga.

Kawasan ini menawarkan keindahan panorama bawah laut melalui aktivitas snorkeling, diving, freeding dan scuba. Tak hanya itu saja, berikut merupakan beberapa daya tarik dari Pantai Amed.

Pantai Garam

hotel dekat Pantai Amed

Kawasan Pantai Amed memang sudah terkenal sebagai penghasil garam tradisional. Jadi jangan heran jika kamu bisa menemukan banyak sekali petani garam yang berada di sekitar pantai.

Para petani akan memproses air laut menjadi garam dengan cara tradisional. Para wisatawan juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan garam dari awal sampai akhir.

Surganya Bawah Laut

Apa yang dilihat dari bibir Pantai Amed berbanding terbalik dengan dunia bawah lautnya.

Pantai Amed merupakan salah satu surganya Indonesia. Terumbu karang yang eksotis dan mengesankan menjadi suguhan utama bagi para wisatawan.

Jadi tak heran jika ada banyak sekali wisatawan yang sengaja datang hanya untuk menikmati keindahan wisata baharinya.

Ikan-ikan yang lucu dan menggemaskan juga akan terlihat seakan siap untuk diajak foto.

Terlebih lagi untuk melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini terbilang cukup murah. Kamu hanya perlu membayar uang sebesar Rp 50.000 untuk bisa menikmati keindahan yang tak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata. 

Sementara bagi kamu yang tidak bisa melakukan aktivitas snorkeling dan ingin mencobanya juga bisa memanfaatkan area danau yang ada di dekat kawasan wisata ini.

Danau ini bisa dijadikan sebagai tempat bagi mereka yang ingin belajar snorkeling. Kamu juga akan dibimbing oleh para pengajar profesional.

Kuliner dan Penginapan Menarik

Untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, di dekat kawasan wisata ini juga sudah ada banyak warung tradisional yang menjajakan berbagai menu makanan khas Indonesia maupun menu western. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. 

Selain itu, di sekitar kawasan wisata Pantai Amed juga sudah ada banyak sekali penginapan yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget.

Penginapan tersebut juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai dan pastinya menyuguhkan view mempesona.

Wisata Sekitar Pantai Amed

Tak jauh dari pantai ini ada juga kawasan pantai yang memiliki eksotisme tak kalah mempesona dibanding Pantai Amed. Pantai ini memiliki pemandangan kapal-kapal yang karam sewaktu perang terjadi. 

Kapal ini menjadi sebuah eksotisme baru yang menarik untuk dikunjungi. Saat melakukan aktivitas diving kamu bisa melihat langsung kapal karam.

Kamu juga bisa menikmati keindahan taman laut yang luar biasa. Ada banyak sekali ikan-ikan yang berlalu lalang. Mulai dari ikan paus hingga ikan hiu. 

Kawasan tersebut tepatnya berada di Desa Jemeluk, lebih tepatnya di Pantai Jemeluk. 

Itu dia beberapa informasi seputar Pantai Amed Bali, cukup indah dan menarik untuk dikunjungi, bukan? Yuk siapkan diri kamu untuk menikmati pesona alam bawah laut pantai Amed Bali.

Suka dengan konten ini?

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Tinggalkan komentar